Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Pembangunan Dana Desa Tahap II Desa Cigadog

MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN

DANA DESA TAHAP II DESA CIGADOG

       sebelum kita membahas tentang monitoring dan evaluasi di desa cigadog alangkah baiknya kita mengetahui pengertian dari monitoring dan evaluasi menurut para ahli serta fungsi dari Monev ini, berikut adalah pengertian monitoring menurut para ahli yang penulis kutip dari ruang pintar blogspot (https://www.ruangpintar.com/2016/10/definisi-pengertian-monitoring-menurut.html).

Pengertian Monitoring Menurut (Cassely dan Kumar 1987)

Monitoring merupakan program yang terintegrasi, bagian penting dipraktek manajemen yang baik dan arena itu merupakan bagian integral di manajemen sehari-hari.

Pengertian Monitoring Menurut (Calyton dan Petry 1983)

Monitoring sebagai suatu proses mengukur, mencatat, mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi untuk membantu pengambilan keputusan manajemen program/proyek.

Pengertian Monitoring Menurut (Oxfam 1995)

Monitoring adalah mekanisme yang sudah menyatu untuk memeriksa yang sudah untuk memeriksa bahwa semua berjalan untuk direncanakan dan memberi kesempatan agar penyesuaian dapat dilakukan secara metodologis.

Pengertian Monitoring Menurut (SCF 1995)

Monitoring adalah penilaian yang skematis dan terus menerus terhadap kemauan suatu pekerjaan.

Pengertian Monitoring Menurut (WHO)

Monitoring adalah suatu proses pengumpulan dan menganalisis informasi dari penerapan suatu program termasuk mengecek secara reguler untuk melihat apakah kegiatan/program itu berjalan sesuai rencana sehingga masalah yang dilihat /ditemui dapat diatasi.

Dari beberapa pengertian di atas penulis menyimpulkan bahwasanya monitoring ini adalah penilaian yang bersifat terus-menerus dan skematis terhadap suatu pekerjaan.

sedangkan definisi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah suatu penilaian dimana penilaian itu ditujukan pada orang yang lebih tinggi atau yang lebih tahu kepada orang yang lebih rendah, baik itu dari jabatan strukturnya atau orang yang lebih rendah keahliannya. Evaluasi adalah suatu proses penelitian positif dan negatif atau juga gabungan dari keduanya.

dari kedua pengertiaan di atas dapat kita ambil hubungan keduanya yaitu monitoring ini berfungsi sebagai pemberian penilaian yang terus menerus sedangkan evaluasi adalah sebagai tombak akhir dari penilaian  tersebut biasanya pada evaluasi ini disertakan kritik dan saran.

Jadi Monitoring dan Evaluasi ini  merupakan hal yang paling penting dalam suatu kegiatan atau pekerjaan, kenapa? Karena monitoring dan evalauasi atau biasa di singkat MONEV bertujuan untuk menjaga dan memantau sejauh mana hasil suatu pengerjaan proyek pembangunan dan kesesuaianya dengan akuntabilitas penggunaan dana desa. Monev dana desa  ini dilakukan  oleh pihak kecamatan maupun pihak pemerintah kabupaten Tasikmalaya.

 

Bapak Camat, Kepala Desa Cigadog beserta yang lainnya sedang melaksanakan MONEV

 

Pada hari Sabtu tanggal 03 November 2018 dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Dana Desa  di Desa Cigadog  tahap II tahun 2018, adapun kegiatan  tersebut adalah memantau hasil pekerjaan pembangunan yang telah diselesaikan.  Pada kesempatan kali ini di desa cigadog monitoring dihadiri langsung  oleh bapak Camat serta sebagian  staf pemerintah kecamatan  leuwisari.

Ketua TPK beserta tim Monitoring dan Evaluasi sedang  mengukur lebar jalan 

 

Pada intinya kegiatan ini bertujuan untuk mempertanggunjawabkan  penyaluran dana desa dalam pengelolaanya. Besarnya tanggung jawab tersebut harus diiringi dengan kecermatan dan  ketelitian pihak yang bersangkutan dalam penggunaan dana desa tersebut, seperti tertib administrasi, penyaluran penggunaan  keuangan, mempekerjakan tenaga ahli dan lain sebagainya yang menjadi sarana penunjang demi kelancaran penyaluran dana desa tersebut, agar tidak terjadi penyimpangan dalam penggunaanya.

Berikut adalah beberapa  dokumentasi kegiatan MONEV Dana Desa Di Desa Cigadog

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan